RSS

menembus kecepatan suara

21 Mar

Kecepatan suara serta aerodinamika yaitu kecepatan suara disebut juga 1 Mach. Kata Mach berasal dari nama seorang ahli fisika Austria yang menemukannya. Pada keadaan permukaan laut kecepatan suara kira-kira 760 mph (mil per jam), berubah-ubah tergantung dari tekanan udara, temperatur udara, kelembaban udara, dan lain-lain. Pada ketinggian 40.000 feet, kecepatan suara kira-kira 660 mph.

Karakteristik pesawat dengan kecepatan suara ialah adanya gelombang kompresi di depan hidung pesawat. Di bawah kecepatan suara partikel-partikel udara dapat dipisahkan dari lintasan gerakan pesawat, tetapi pada kecepatan 1 Mach partikel-pattikel udara tak sempat dipisahkan/disingkirkan dan mulai menimbun di depan pesawat serta berbenturan satu sama lain, menimbulkan gelombang kompresi di depan hidung pesawat dengan tekanan suhu yang tinggi. Gelombang kompresi inilah yang memungkinkan suara dipindahkan. Hal ini dapat menyebabkan distorsi penglihatan terhadap benda – benda yang ada di luar pesawat dari tempat sebenarnya.
Pembentukan gelombang kompresi pada kecepatan 1 Mach lebih dahulu daripada gerakan pesawatnya sendiri. Mula-mula gelombang kompresi ini tak begitu padat, lama kelamaaan dengan makin bertambahnya kecepatan, gelombang ini memadat dan membentuk sudut yang makin lancip sehingga hidung pesawat sukar untuk menembus gelombang tersebut. Oleh sebab itu pesawat-pesawat didisain hidungnya meruncing guna menembus gelombang kompresi.

Aliran udara pada permukaan sayap berbeda sifatnya pada setiap perubahan besarnya kecepatan. Pada kecepatan transonic (daerah perbatasan kecepatan suara) terjadilah percampuran dua macam aliran udara yang bertumbukan satu sama lain. Pesawat disebut menembus sonic-barrier dan menimbulkan suara sonic-boom. Akhir-akhir ini pesawat di disain sedemikian rupa sehingga mengurangi terjadinya sonicboom.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 21, 2011 in Uncategorized

 

One response to “menembus kecepatan suara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: